Pages

Selasa, 27 Juli 2010

MAC


Dalam jaringan komputer , sebuah alamat Media Access Control (MAC alamat) adalah pengenal unik ditugaskan untuk sebagian besar adapter jaringan atau kartu antarmuka jaringan (NIC) oleh pabrik pembuatnya untuk identifikasi, dan digunakan dalam Media Access Control lapisan sub-protokol. Jika ditugaskan oleh pabrik, alamat MAC biasanya mengkodekan nomor identifikasi terdaftar produsen. Mungkin juga dikenal sebagai Ethernet Hardware Address (EHA), alamat hardware, alamat adaptor, atau alamat fisik.

Ada ruang penomoran EMPAT, dikelola oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), yang umum digunakan untuk merumuskan alamat MAC: MAC-48, Eui-48, dan Eui-64. IEEE klaim merek dagang pada nama "Eui-48" dan "Eui-64", dimana "Eui" singkatan dari Extended Unique Identifier.

Meskipun dimaksudkan sebagai identifikasi yang unik secara global dan permanen, adalah mungkin untuk mengubah alamat MAC pada sebagian besar perangkat kerasnya saat ini, tindakan yang sering disebut sebagai spoofing MAC . Tidak seperti spoofing alamat IP , di mana pengirim spoofing alamat mereka di sebuah trik permintaan pihak lain dalam mengirim respon di tempat lain, di alamat MAC spoofing, respon tersebut diterima oleh pihak spoofing. Namun, alamat MAC spoofing terbatas pada lokal domain broadcast .

Sebuah host tidak dapat menentukan dari alamat MAC dari host lain apakah host yang sama pada OSI Layer 2 atau Data Link Layer segmen jaringan sebagai tuan rumah pengiriman, atau pada segmen jaringan bridge ke segmen jaringan.

Dalam TCP / IP jaringan, alamat MAC antarmuka subnet dapat dilihat dengan alamat IP (OSI Layer 3) menggunakan Address Resolution Protocol (ARP) untuk Internet Protocol Versi 4 ( IPv4 ) atau Neighbor Discovery Protocol (NDP) untuk IPv6 . Pada jaringan siaran, seperti Ethernet, alamat MAC yang unik mengidentifikasi setiap node pada segmen tersebut dan memungkinkan frame harus ditandai untuk host tertentu. Dengan demikian bentuk dasar sebagian besar lapisan Link (OSI Layer 2 ) jaringan pada lapisan atas yang mengandalkan protokol untuk menghasilkan kompleks, fungsi jaringan.

sumber : wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Welcome