Pages

Jumat, 24 September 2010

Laporan praktik flow control

Laporan Flow Control

1. Rencana praktik

melaksanakan proses pengamatan flow control pada wireshark dengan object pengamatan kaskus.us dengan browser google chrome.

2. Tujuan

Agar Siswa dapat mengetahui jenis flow control dan error control saat browsing.

3. Pendahuluan

Flow control adalah sebuah proses penjaminan aliran data dari pengirim ke penerima yang berbeda kapasitasnya agar data tidak hilang atau rusak. Sedangkan error control adalah proses penjaminan agar data tidak hilang atau rusak sebelum diterima oleh penerima.

4. Kebutuhan praktik

a. Aplikasi wireshark

b. Browser

c. Koneksi internet

5. Langkah praktik

1) Buka aplikasi wireshark


2) Klik interface list,lalu pilih interfacenya.


3) Buka browser dan masuk ke website www.softpedia.com


4) Masuk ke aplikasi wireshark dan cari protocol apapun yang menunjukkan error control baik dari jenis windowing ataupun yang lainnya.

Hasil Praktek

1. Aplikasi Wireshark tampil

2. Koneksi terhubung

3. Tampilan www.softpedia.com tampil

4. Pengcapturan dimulai dan terdapat sequence eror control

Analisa Hasil Praktek

1.


Menurut hasil pengamatan kami, pada frame 22 adalah frame yang menunjukkan error control karena ada proses pengiriman ulang PDU. PDU yang dikirim ulang adalah Pdu dari frame 15 dan 14 karena pada frame keduanya data yang diterima hilang pada saat awal pengcapturan.

2.

Gambar di atas menunjukkan frame 15 pada informasinya, menyatakan bahwa penerima tidak memahami apa isi dari frame ini dikarenakan telah terjadi kehilangan data saat proses pengiriman.



3.

Gambar di atas menunjukkan frame 14 pada informasinya, menyatakan bahwa penerima tidak memahami apa isi dari frame ini dikarenakan telah terjadi kehilangan data saat proses pengiriman.

Kesimpulan.

Pada saat proses pengiriman data, data tidak selalu diterima dengan baik,kadangkala terjadi kehilangan data maupun kerusakan data. Data tersebut terdeteksi oleh error control, dan data akan dikirim kembali oleh sequence selanjutnya, agar data yang dikirimkan dapat diterima dengan sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Welcome