Pages

Jumat, 21 Januari 2011

Dedicated & PC Router

Dedicated Router, yaitu perangkat jaringan yang memiliki fungsi sebagai router murni yang sudah didesain oleh vendornya masing – masing. Tentunya dedicated router telah mempuyai fitur-fitur tertentu sebagai router. Terdapat beberapa vendor yang memproduksi dedicated router, yakni sebagai berikut.
  1. Cisco System, Inc
  2. D-Link
  3. Juniper
  4. Mikrotik
  5. Linksys

Salah satu vendor yang dikenal mumpuni dengan perangkat-perangkat jaringan yang mereka produksi termasuk dedicated router adalah Cisco System, Inc. Cisco telah memproduksi banyak dedicated router dari mulai yang dapat dialokasikan di Access Layer hingga Core Layer. Misalnya : Cisco 7200 Series Router, Cisco 1841 Router, Cisco 2811 Router, dsb. Cisco juga memproduksi Switch yang dapat bekerja di Layer 3 (Network Layer), yakni Cisco Catalyst 6500 Series, Cisco Catalyst 4900 Series, dsb.

Contoh dedicated router adalah Cisco Router.

Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) seperti yang digunakan di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Seperti komputer, cisco router juga mempunyai sejumlah jenis memori yaitu ROM, RAM, NVRAM dan FLASH, yang berguna untuk membantu kerjanya CPU. Selain itu dilengkapi pula den gan sejumlah interface untuk berhubungan dengan dunia luar dan keluar masuk data. Sistem operasi yang digunakan oleh cisco router adalah Internetwork Operating System (IOS). Memori yang digunakan oleh cisco router masing-masing mempunyai kegunaan sendiri sendiri sebagai berikut :
1. ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses
boot dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS image.
2. RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan dan sistem operasi IOS yang
aktif.
3. NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal (start-up configuration)
4. FLASH berguna untuk menyimpan IOS image. Dengan menggunakan FLASH, IOS versi baru
dapat diperoleh dari TFTP server tanpa harus mengganti komponen dalam router.


Pengertian PC Router

Istilah PC Router bila kita lihat berasal dari dua kata yaitu PC dan Router. PC ( Personal Computer ) adalah sebuah perangkat set komputer yang berupa alat komputasi yang umum kita gunakan dalam kehidupan untuk membantu kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan persoalan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari – hari. Sedangkan Router adalah perangkat yang digunakan untuk merutekan jalur data antar network, mengatur lalu lintas jalur data antar network sehingga proses transfer data dapat berlangsung dengan baik dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Router ini akan menentukan jalur terbaik dalam proses transfer data, mencari jalan terbaik sehingga data dari host suatu jaringan akan terkirim dan sampai dengan baik pada host lainnya yang berada pada segmen jaringan yang berbeda. Router juga dapat diartikan sebagai perangkat keras yang berfungsi untuk memfasilitasi transmisi paket data melalui jaringan komputer. Dari pengertian PC dan Router yang sudah disampikan tersebut dapat dikatakan bahwa PC Router adalah perangkat pengatur lalu lintas data antar segmen jaringan yang berbeda dengan memanfaatkan Personal Computer sebagai device atau alatnya. Dengan perkataan lain PC Router adalah PC yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi layaknya sebuah router yang mengatur lalu lintas data. Dengan penggunaan PC sebagai router jaringan, maka kita dapat memanfaatkan PC yang tidak perlu spesifikasi yang tinggi sebagai router sehingga kita dapat menekan biaya, dibandingkan dengan pembelian dedicated router yang digunakan sebagai router, selain harganya relatif mahal, juga maintenance terhadap jenis router ini cukup sulit.

Kelebihan dan Kekurangan PC Router

PC yang digunakan sebagai router memilki kelebihan dan juga kekurangan. Secara singkat dapat saya sampaikan sebagai berikut.

Kelebihan

1. Lebih murah dalam hal biaya bila dibandingkan harga router original.

2.Mudah dalam penyetingan dan konfigurasi router.

3.Mudah dalam penambahan fitur baru.

4.Multifungsi artinya dapat berfungsi sebagai sebagai router atau PC.

5.Maintenance atau perawatan router lebih mudah seperti merawat PC biasa.

6.Hemat biaya karena tidak perlu membeli dedicated router.

7.Dapat diinstal sistem operasi yang memang khusus didesain untuk router.

8.Sistem yang digunakan dapat berbasis Windows atau Linux/ Unix.

9.Dapat berperan ganda sebagai PC biasa selain router bila memakai WinRoute.

Kekurangan

1.Pilihan koneksinya terbatas tergantung jumlah network card dan slot PCI yang tersedia.

2.Kestabilan kerja tidak sebaik dedicated router.

3.Bila device komputer mengalami masalah maka router dalam jaringan tidak akan berfungsi.

4.Ada harga ada kinerja, berbeda dengan dedicated router yang mahal semisal Cisco yang neniliki kestabilan kerja yang tinngi.

5.Dengan peran ganda yang diemban router, maka kinerja PC router akan menjadi berat.


Sumber : Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Welcome